Rabu, 28 Maret 2012

Tujuh Danau Terunik di Dunia


Danau Totol Kliluk - Kanada
Danau Totol Kliluk yang terletak didekat kota Osoyoos di British Columbia, Kanada yang selalu padat dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Danau alami yang sudah ada sekitar ribuan tahun yang lalu itu mempunyai konsentrasi yang sangat tinggi dari mineral yang berbeda - beda seperti magnesium sulfat, natrium sulfat dan kalsium. Karenanya sebagian besar air di danau yang menguap selama musim panas dan membentuk kubangan besar mineral. Pada satu kubangan akan menjadi warna putih, kuning pucat, hijau atau biru tergantung pada komposisi mineral yang tersisa. Kubangan-kubangan yang mengandung magnesium sulfat akan mengkristal di musim panas dan mengeras secara alami. Dan bahkan danau yang dijadikan situs suci ini juga mengandung konsentrasi yang sangat tinggi dari delapan mineral lainnya, serta beberapa dosis kecil dari empat lumpur lain seperti terad dan titanium. 

Danau Kawah Ijen - Jawa Timur
Danau Ijen merupakan perairan terunik di dunia berikutnya, sebuah danau yang berada di puncak gunung berapi Ijen itu bersifat asam yang terletak dalam wilayah cagar alam taman wisata Ijen Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. Danau seluas sekitar 1 kilometer dengan kedalaman mencapai 200 meter dan memiliki warna yang indah ini merupakan tempat untuk pertambangan belerang. Karena ada sebuah ventilasi aktif pada satu sisi danau yang terus menerus membawa belerang ke permukaan. Karena proses letusan Gunung Ijen tersebut kawah dipenuhi oleh air sehingga terbentuklah Danau Kawah yang sangat indah dan menakjubkan berwarna hijau toska. Dengan memiliki derajat keasaman nol dan derajat keasaman yang sangat kuat yang dapat membahayakan manusia.

Laut Pink Lac Rose - Senegal
Beralih ke Laut Pink Lac Rose yang terletak di utara semenanjung Retba Cap Vert. Di Dakar Utara Timur sebagai perairan terunik berikutnya. Keunikannya adalah laut ini akan berwarna merah jambu terlebih saat musim kemarau tiba, hal ini disebabkan karena hidupnya Shano Bacteria yaitu suatu bakteri yang biasanya tersebar di perairan air tawar dan lautan. Selain itu juga laut inipun dikenal dengan kadar garam yang cukup tinggi yakni  sekitar 40 persen, karena itu dapat melindungi dan mencegah kerusakan pada jaringan kulit. Warga setempat menggosok kulit dengan mentega Shea yang dihasilkan dari pohon kacang Shea. 

Danau Mendidih - Dominica
Berlanjut ke perairan terunik di dunia lainnya yakni Danau Boiling atau Danau Mendidih di Dominica di Kepulauan Karibia. Keunikan utama dari danau ini adalah air yang selalu dalam kondisi panas mendidih dan selalu tampak dari uap air. Danau ini sebenarnya berasal dari sebuah lubang diatas permukaan bumi yang berada sekitar 10 kilometer dari timur kota Rosseou yang merupakan siklus warisan dunia di Dominica. Gelembung air yang berwarna biru keabu-abuan yang biasa diselimuti awan uap itu suhunya dapat mencapai antara 82 sampai 91,5 derajat celcius untuk setiap danaunya. Hal ini juga didukung karena Danau Boiling ini adalah kolam penampung air hujan yang telah berlangsung sejak zaman dahulu sehingga berkumpul menjadi sebuah danau yang sangat panas dan danau ini merupakan sebuah keindahan alam terkenal dimuka bumi yang mampu menarik wisatawan dalam jumlah besar.

Danau Kawah Caldera - Oregon
Beralih ke Danau Kawah Caldera yang terletak di Oregon, Amerika Serikat. Danau ini merupakan siklus utama dari Taman Nasional Danau kawah atau National Park yang terletak di nirwana biru tua karena kejernihan airnya sehingga dijadikan danau terunik berikutnya. Danau yang terbentuk sekitar 150 tahun yang lalu oleh meletusnya Gunung Mazama ini memiliki kedalaman sekitar 655 meter persegi tersebut dikelilingi tebing-tebing tinggi yang dilengkapi dengan dua pulau kecil. Dan karena air biru yang sungguh menakjubkan itulah Danau Kawah Caldera ini dianggap sebagai tempat yang sempurna untuk para fotografer dalam mengabadikan gambarnya.

Laut Terbelah - Korea Selatan
Berlanjut ke perairan terunik di dunia selanjutnya adalah Laut Terbelah yang terdapat di Korea Selatan. Laut yang dijuluki “Moses Miracle” atau Mukjizat Musa merupakan fenomena laut terberat, ternyata adalah sebuah kejadian pasang surut  lautan. Setiap dua kali setahun saat air laut sedang surut sebuah jalan sepanjang 2,8 kilometer dan lebar 40 meter ini terbuka ditengah – tengah laut yang menghubungkan Pulau Jindo dan Pulau Modo selama 1 jam, selama jalan ini terbuka masyarakat setempat mengadakan festival yang ramai dikunjungi wisatawan dari penjuru dunia. Menurut legenda setempat, suatu hari ada seorang penduduk desa diserang seekor harimau kemudian lari menuju Pulau Modo, tapi pelariannya berhenti disitu karena diantara dua pulau ini yang tak terpisahkan oleh adanya lautan. Lantas penduduk tersebut berdoa untuk meminta agar Dewa Laut memberikan jalan baginya untuk dapat melarikan diri. Lalu air laut pun terbelah menjadi sebuah jalan yang menghubungkan kedua pulau itu. Fenomena alam ini memang sangat aneh dan benar terjadi. Jalan laut tersebut terbuka pada 18 Mei pada setiap tahunnya dan festival yang diadakan untuk merayakan fenomena ini diadakan setiap sekali setahun pada bulan Maret, Mei dan Juni. 

Danau Tolire - Maluku Utara
Dan perairan terunik di dunia lainnya adalah Danau Tolire. Meski danau ini terlihat hampir sama dengan danau – danau pada umumnya, namun danau di Maluku Utara ini menyimpan teka – teki yang hingga belum ada kejelasannya. Yakni jika melemparkan sesuatu kearah danau ini batu tersebut tidak pernah bisa menyentuh air danau. Begitu fenomenalnya banyak wisatawan lokal maupun mancanegara berdatangan untuk membuktikan keunikan tersebut. Sementara kedalaman danau itu sendiri hingga kini tidak diketahui. Bahkan sampai saat ini belum ada yang menyemplung kedalaman danau ini. Tapi menurut cerita leluhur kedalaman yang berkilo-kilometer dan berhubungan lagsung dengan laut. Air tawar di Danau Tolire besar ini merupakan tempat tinggal bagi berbagai macam ikan, namun masyarakat setempat tidak ada yang berani menangkap ikan atau mandi di danau itu. Mereka meyakini bahwa danau dengan air yang berwarna cokelat kekuning-kuningan itu dilindungi oleh banyak buaya siluman. (Kutipan On The Spot – Ade)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar