Senin, 26 Maret 2012

Kota Tanjungpinang Adakan MTQ ke VI

 Masyarakat Kota Tanjungpinang diharapkan Lebih Agamis

Tanjungpinang, (Aderakasihwi) – Pembukaan MTQ (Musabaqah Tilawatil Quran) Tingkat Kota Tanjungpinang ke VI resmi dibuka oleh Walikota Tanjungpinang Hj. Suryatati A. Manan yang diselenggarakan didepan Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah (26/03).
 
Acara yang dimulai pukul 8 malam ini dihadiri Ibu walikota beserta wakil, forum koordinasi dan pimpinan daerah kota Tanjungpinang, ketua DPRD beserta anggota, ketua Kanwil Agama Provinsi Kepri, ketua LAM (Lembaga Adat Melayu) provinsi Kepri, ketua LAM kota Tanjungpinang, kepala SKPD, dan ketua Dharma Wanita kota Tanjungpinang serta penceramah agama Bapak Drs. Kyai Mulyana Elsi asal kota Bandung.
Musabaqah Tilawatil Quran ini akan diselenggarakan mulai dari tanggal 26 hingga 30 maret 2012 mendatang. Acara tersebut diikuti oleh 4 kecamatan. Bapak H. Adnan memberi keterangan, “Kecamatan Tanjungpinang Barat dengan jumlah peserta 40 khafilah, Tanjungpinang Kota 35 khafilah, Bukit Bestari 39 khafilah, dan Tanjungpinang Timur sebanyak 30 khafilah.” Terangnya. 
Acara ini bertemakan Melalui MTQ Tingkat Kota Tanjungpinang ke VI kita tingkatkan gemar membaca Al Quran dan mengamalkannya untuk kehidupan sehari-hari untuk menjadikan pendidikan yang berakhlak mulia. Terdapat beberapa perlombaan dalam MTQ ini, diantaranya lomba Tartil Al Quran putra dan putri, lomba Tafsir Quran putra dan putri, lomba Tilawah Quran putra dan putri, juga beberapa perlombaan lain.
Musabaqah Tilawatil Quran ini telah membudaya di seluruh masyarakat, kita sudah jelas dan dapat merasakan semangat persatuan dan kesatuan akan muncul dengan sendirinya ketika acara berlangsung.  “MTQ kini sudah mulai diselenggarakan mulai dari tingkat Kelurahan, Kecamatan, Kota, Provinsi, bahkan sampai ke tingkat Nasional.” Ungkap Bapak H. Adnan selaku wakil ketua pelaksana.
Acara yang diselenggarakan berkat dana APBD tahun 2012 ini bertujuan untuk meningkatkan, membaca, memahami, dan menghayati makna yang terkandung didalam Al Quran sebagai pedoman manusia dalam kehidupan sehari-hari. “MTQ juga berfungsi meningkatkan daya pikir dan memperkuat daya pikir yang agamis serta memperkuat keimanan terhadap Allah SWT melalui Al Quran.” Jelas Bapak H. Adnan.
MTQ ini diawali dengan pembacaan Al Quran yang dilanjutkan kata sambutan oleh Bapak. H. Adnan selaku wakil ketua pelasana. Kemudian, kata sambutan Bapak H. Edward Mushalli sebagai wakil walikota yang juga selaku ketua LPTQ kota Tanjungpinang, dan pembukaan acara oleh Ibu Hj. Suryatati A. Manan dengan menyuarakan pukulan ke bedug. Dan pengibaran bendera MTQ oleh 6 orang paskribraka, dilanjutkan dengan pertunjukan Ibu-ibu kompang Laski kota Tanjungpinang. Tausiah agama oleh Bapak Drs. Kyai Mulyana Elsi melanjutkan acara setelah hiburan singkat. Selanjutnya MTQ ini akan dilaksanakan di kantor LAM, aula MAN, dan gedung Aisyah Sulaiman. (Ade)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar