Jumat, 13 April 2012

Resensi All The President’s Men (1974)


Bob Woodward dan Carl Bernstein dua orang wartawan The Washington Post yang mampu menggulingkan Presiden Amerika saat itu, Richard Nixon. Dua wartawan ini menciptakan berita terbaik dalam sejarah pers dunia dengan melakukan investigasi pada kasus Watergate yang melibatkan orang nomor satu di Negara adikuasa itu – Richard Nixon.

Sumber utama reportase investigasi mereka adalah Deep Throat yang selalu menjadi pertanyaan mengenai sosok dirinya ketika berita itu muncul. Selama tiga puluh tahun kemudian, Bob Woodward dan Carl Bernstein tidak pernah membocorkan identitas narasumbernya sesuai kode etik jurnalisme yang mereka patuhi. Tidak mudah mencari informasi dengan wawancara oleh pihak yang terkait skandal itu. Tidak mudah pula bagi dua orang kolega ini membongkar setiap dokumen, catatan, nomor telepon, surat-surat, kartu perpustakaan demi sebuah data yang akurat. Semua yang mereka kerjakan memang dalam posisi tidak aman yang dapat membahayakan kariernya bahkan nyawanya terkait skandal sang presiden.

Kerja superkeras dari dua jurnalis itu berujung pada pengunduran diri Nixon dari kursi kepresidenan. Lika-liku reportase spesial itu menginspirasi Alan J Pakula untuk menuangkannya dalam film. Bob Woodward diperankan oleh Robert Redford dan Carl Bernstein diperankan oleh Dustin Hoffman. Film ini memvisualiasi laporan Bob Woodward dan Carl Bernstein yang mereka tulis dalam buku berjudul sama, All The President’s Men (1974).(Ade)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar