Jumat, 08 Juni 2012

Yahya Kerjakan Usahanya Sendiri


Tanjungpinang (ADERAKASIHWI)– Yahya (43) seorang pengusaha papan bunga Queen Florist di jalan Ketapang. Lelaki yang pernah bekerja di perusahaan minyak Bengkalis ini sudah 8 tahun menjalani usahanya sendiri.

“Iya, saya mengolah dan mengerjakan semua sendiri.” Ujar Yahya. Karena sudah terbiasa, Yahya mampu mengerjakan sebuah papan bunga ukuran 4 meter dalam tempo sekitar 3 jam. Papan bunga yang ia buat antara lain untuk ucapan duka cita, ucapan selamat dan sukses, ucapan selamat bahagia dan lain-lain.

Harga sebuah papan bunga sangat bervariasi. “Untuk satu papan bunga saya kasih harga Rp. 130 ribu, tapi di dalam kota.” Ujar Yahya. “Kalau pesanan di luar kota, seperti Uban harganya Rp. 250 ribu.” Tambah Yahya menjelaskan.

Lama waktu penyewaan papan bunga ini tergantung pihak konsumen. “Biasanya untuk ucapan selamat dan sukses disewa selama 3 hari. Tapi untuk ucapan duka cita bisa sampai 1 minggu.” Tutur Yahya. dan untuk menghantar juga mengambil bunga pesanan ia dibantu oleh seorang teman dengan kendaraan milik sendiri.

Lelaki yang memiliki dua orang anak ini menuturkan, “Untuk mengumpulkan bunga-bunga ini saya pesan dari Medan. Dan pemesanannya sangat rumit, juga harus memesan dalam jumlah yang besar.” Ungkapnya. Di tempat kerjanya, Ia tidak hanya membuat papan bunga saja, Ia juga menjual aneka parfum isi ulang dan aksesoris wanita. “Usaha parfum ini untuk menambah penghasilan saya.” Ujarnya.

Usaha papan bunga ini memang perlu keahlian khusus. Hanya yang menjadi hambatan Yahya adalah tempatnya masih sewa. Tapi meskipun begitu Yahya senang bisa mengelola usahanya sendiri agar dapat penghasilan murni hasil sendiri. (Ade)

1 komentar: