Sabtu, 16 November 2013

E-Journal


KEMAHIRAN MENULIS PARAGRAF ARGUMENTASI DENGAN MEDIA GAMBAR
SISWA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA SWASTA BINTAN
TANJUNGPINANG TAHUN PELAJARAN 2012/2013
ARTIKEL E-JOURNAL
Oleh
ADETYA RAKASIHWI
NIM 090388201005
JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MARITIM RAJA ALI HAJI
TANJUNGPINANG
2013



Kemahiran Menulis Paragraf Argumentasi dengan Media Gambar Siswa Kelas VII
Sekolah Menengah Pertama Swasta Bintan Tanjungpinang Tahun Pelajaran
2012/2013 oleh Adetya Rakasihwi. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
aderakasihwi@gmail.com, Pembimbing 1: Drs. H. Abdul Malik, M.Pd., Pembimbing
2: Mini Andriani S.Pd., M.Hum.
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemahiran menulis paragraf argumentasi
siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama Swasta Bintan Tanjungpinang tahun pelajaran
2012/2013. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif.
Capaian hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk nilai rata-rata pretes kemahiran
menulis paragraf argumentasi siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama Swasta Bintan
Tanjungpinang tahun pelajaran 2012/2013 adalah 47,19% dengan kualifikasi kurang baik.
Sedangkan nilai rata-rata postes kemahiran menulis argumentasi siswa kelas VII Sekolah
Menengah Pertama Swasta Bintan Tanjungpinang tahun pelajaran 2012/2013 adalah
67,80% dengan kualifikasi baik. Dengan demikian, terjadi kenaikan sebesar 20,61%
setelah dilakukan pembelajaran menggunakan media gambar.
Kata Kunci : Paragraf Argumentasi, Media Gambar
Abstract
The purpose of this study was to analyze the writing skills of students of class VII
paragraph argument Secondary School Bintan Tanjungpinang school academic year
2012/2013. Achievement of the results showed that for the average pretest proficiency
grade students write a paragraph arguing VII Secondary School Bintan Tanjungpinang
school year 2012/2013 was 47.19% with less well qualified. While the average value of the
argument posttest writing skills class VII Secondary School Bintan Tanjungpinang school
year 2012/2013 was 67.80% with good qualifications. Thus, an increase of 20.61% after
learning to use the media image.
Keywords: Paragraph Argument, Media Images
1. Pendahuluan
Berdasarkan hasil observasi yang peneliti lakukan di sekolah, kemahiran siswa untuk
menulis masih sangat terbatas, terlebih lagi untuk dapat menulis paragraf argumentasi. Hal
ini disebabkan oleh dua faktor yaitu faktor guru dan faktor siswa. Faktor dari guru, yaitu
(1) penjelasan materi yang disampaikan guru sulit dipahami oleh siswa; (2) teknik
mengajar yang digunakan guru dalam pembelajaran kurang menarik dan membosankan.
Faktor dari siswa, yaitu (1) kurangnya minat siswa untuk mengikuti pelajaran Bahasa dan
Sastra Indonesia; (2) kurangnya pemahaman siswa tentang hakikat paragraf argumentasi
yang sebenarnya; dan (3) kurangnya latihan menulis dan siswa bingung atau kesulitan
dalam memulai suatu tulisan.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis kemahiran menulis paragraf
argumentasi siswa dengan media gambar siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama
Swasta Bintan Tanjungpinang tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian relevan dengan
penelitian ini diantaranya penelitian oleh Prihastuti (2011) yang berjudul Keefektifan
Penggunaan Media Wall Chart (Bagan Dinding) dalam Meningkatkan Kemampuan
Menulis Karangan Argumentasi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Seyegan, Sleman dan
penelitian yang dilakukan Zainurni (2012) yang berjudul Efektifitas Media Cerita
Bergambar dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas VII Sekolah
Menengah Pertama Negeri 11 Tanjungpinang Tahun Pelajaran 2011/2012.
2. Metode Penelitian
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data
menggunakan instrumen penelitian dan analisis data bersifat kuantitatif. Penelitian ini
dilakukan dari bulan Mei-Juni di Sekolah Menengah Pertama Swasta Bintan
Tanjungpinang tahun pelajaran 2012/2013. Populasi dan sampel penelitian ini yaitu
keseluruhan siswa kelas VII yang berjumlah 66 siswa. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini menggunakan tes essay yang dilakukan dengan dua tahap yaitu pre-test dan
post-test.
Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yaitu
analisis yang ditujukan atau disajikan dalam bentuk statistik. Teknik persentase merupakan
analisis data berdasarkan persentase yang ada. Data yang diperoleh diolah dengan langkah
membuat rekapitulasi dan menghitung presentase. Instrumen dalam penelitian ini diuraikan
kedalam empat aspek penilaian diantaranya: aspek menyajikan fakta sebagai bahan
pembuktian, aspek membuktikan kebenaran suatu pendapat, aspek meyakinkan pembaca
dan mengubah pendapat atau pandangan pembaca, aspek disampaikan dengan pilihan kata
yang baik, dan aspek penyajian secara umum.
3. Hasil Penelitian dan Pembahasan
Hasil nilai pre-test (sebelum menggunakan media) dengan nilai post-test (sesudah
menggunakan media gambar) kemahiran menulis paragraf argumentasi siswa kelas VII
adalah sebagai berikut:
TABEL 1
DAFTAR NILAI PRETES DAN POSTES
KEMAHIRAN MENULIS PARAGRAF ARGUMENTASI
No Nama Kelas Pretes Postes
1 Andy VII A 50 70
2 Antoni VII A 60 75
3 Darmalim VII A 65 80
4 Dicky Prasetyo VII A 45 60
5 Deni Kurniawan VII A 45 55
6 Erip Lim VII A 70 90
7 Harison VII A 45 60
8 Herman VII A 40 55
9 Jeky VII A 45 60
10 Jesman VII A 45 55
11 Jony VII A 55 60
12 Julius VII A 40 70
13 Justin C. VII A 50 65
14 Kelvin VII A 40 60
15 Kheben VII A 45 60
16 Rony Hermanto VII A 35 55
17 Steven VII A 60 80
18 Sumardi VII A 65 90
19 Thomas Kaling VII A 55 65
20 Vincent VII A 40 55
21 Fellycia Go VII A 50 85
22 Fiona VII A 70 70
23 Gebi Marsella VII A 45 65
24 Jessika VII A 40 65
25 Kelly VII A 35 40
26 Monalisa VII A 55 80
27 Nofiyanti VII A 45 85
28 Nurfatiha VII A 50 90
29 Nurizka P.O VII A 45 85
30 Shandy Lim VII A 45 80
31 Sherlin Nio VII A 45 90
32 Sylvia Veronica VII A 35 55
33 Tri Erica VII A 40 65
34 Ahmad Dhani VII B 55 80
35 Andez Maulana VII B 50 70
36 Andre Iqbal Ardana VII B 35 45
37 Arya Marga Prapanca VII B 50 75
38 Dafid VII B 35 60
39 Darwin VII B 45 60
40 Elvin VII B 35 65
41 Feritino VII B 55 60
42 Gibson Raditiya Lim VII B 45 60
43 Hendri Sugiarto VII B 35 85
44 Hery Meicel VII B 40 85
45 Irwin VII B 50 55
46 Jacky Noviri Lin VII B 35 55
47 Jeckie VII B 50 80
48 Lubiyanto G.P VII B 35 75
49 Risky P.S VII B 40 90
50 Rizki Rachman VII B 65 60
51 Ronny VII B 55 85
52 Sutarto W. VII B 50 60
53 Timotius VII B 45 60
54 Anadia Shiva P. VII B 30 40
55 Catherine VII B 45 60
56 Fiona Jennifer VII B 45 65
57 Jelia VII B 40 45
58 Jennyfer VII B 65 90
59 Maryam Ilyasa P. VII B 45 75
60 Meiliana F. VII B 55 80
61 Meiyen VII B 40 35
62 Rosdyana VII B 45 85
63 Shely Muriana VII B 60 40
64 Siskawati VII B 45 65
65 Susan VII B 40 60
66 Vivianty VII B 60 95
Jumlah 3115 4475
Nilai Rata-rata 47,19 67,80
Kualifikasi Kurang Baik
Tingkat Keberhasilan Pembelajaran Tidak Berhasil Berhasil
Analisis kemahiran menulis paragraf argumentasi siswa kelas VII Sekolah Menengah
Pertama Swasta Bintan berdasarkan lembar rekapitulasi nilai pretes dan postes akan
dijabarkan berikut ini:
a. Aspek Penyajian Fakta sebagai Bahan Pembuktian
Hasil penelitian menunjukkan pada pretes kemahiran menulis paragraf argumentasi
ketercapaian aspek penyajian fakta sebagai bahan pembuktian pada kelas VII A yaitu
68,93% sama dengan kelas VII B yang berada pada kualifikasi baik. Pada postes tingkat
kemahiran menulis paragraf argumentasi siswa untuk aspek penyajian fakta sebagai bahan
pembuktian pada kelas VII A 71,21% sedangkan kelas VII B 76,51% yang masuk pada
kualifikasi baik.
b. Aspek Membuktikan Kebenaran Suatu Pendapat
Hasil penelitian kemahiran menulis paragraf argumentasi ketercapaian aspek
membuktikan kebenaran suatu pendapat pada pretes kelas VII A yaitu 25% sedangkan
kelas VII B 28,03% berada pada kualifikasi kurang baik. Untuk postes aspek membuktikan
kebenaran suatu pendapat pada kelas VII A ketercapaian siswa menunjukkan 59,84%
sedangkan ketercapaian siswa kelas VII B yaitu 60,60% yang berada pada kualifikasi
cukup.
c. Aspek Meyakinkan Pembaca dan Mengubah Pendapat atau Pandangan Pembaca
Salah satu syarat sebuah tulisan argumentasi adalah meyakinkan pembaca dan dapat
mengubah pendapat atau pandangan pembaca terhadap isi dari tulisan tersebut. Capaian
hasil penelitian kemahiran menulis paragraf argumentasi siswa untuk aspek meyakinkan
pembaca dan mengubah pendapat atau pandangan pembaca pada pretes kelas VII A
sebesar 44,69% sedangkan pada kelas VII B 37,87% masuk dalam kategori kurang baik.
Untuk postes ketercapaian hasil penelitian kemahiran menulis paragraf argumentasi siswa
aspek meyakinkan pembaca dan mengubah pendapat atau pandangan pembaca kelas VII A
yaitu 61,36% sedangkan kelas VII B mencapai 59,84% termasuk kategori cukup baik.
d. Disampaikan dengan Pilihan Kata yang Baik
Capaian hasil penelitian pretes kemahiran menulis paragraf argumentasi siswa dalam
aspek penyampaian tulisan dengan pilihan kata yang baik kelas VII A yaitu 48,48% dan
kelas VII B sebesar 44,69% dengan kualifikasi kurang baik. Selanjutnya untuk hasil
penelitian postes dalam aspek penyampaian tulisan dengan pilihan kata yang baik kelas VII
A yaitu 72,72% dengan kualifikasi cukup baik dan kelas VII B mencapai 62,87% dengan
kualifikasi baik.
e. Penyajiannya Umum
Capaian hasil penelitian pretes kemahiran menulis paragraf argumentasi siswa dalam
aspek penyajian secara umum untuk kelas VII A mencapai 54,54% termasuk dalam
kualifikasi kurang baik, sedangkan kelas VII B sebesar 51,51% yang termasuk dalam
kualifikasi cukup baik. Kemudian untuk hasil penelitian postes dalam aspek penyajian
secara umum kelas VII A sebesar 79,54% dengan kualifikasi baik dan untuk kelas VII B
mencapai 74,24% dengan kualifikasi baik.
f. Perbandingan Nilai Pretes dan Postes dalam Menulis Paragraf Argumentasi
Terdapat perbedaan signifikan hasil penelitian siswa dalam menulis paragraf
argumentasi siswa tanpa menggunakan media gambar dan sesudah menggunakan media
gambar. Capaian hasil penelitian pretes siswa kelas VII yaitu 47,19% yang termasuk dalam
kualifikasi kurang baik. Sedangkan, hasil penelitian postes siswa kelas VII mencapai
67,80% dengan kualifikasi baik.
4. Simpulan dan Saran
Kemahiran menulis paragraf argumentasi siswa dilakukan dengan dua tahapan. Tahap
pertama (pretes) menulis tanpa menggunakan media gambar ditambah pendapat ahli dan
tahap kedua (postes) menggunakan media gambar. Hal ini dapat dilihat dari capaian hasil
pretes yaitu 47,19% dengan kualifikasi kurang baik dan nilai postes yaitu 67,80% dengan
kualifikasi baik. Dengan demikian terjadi kenaikan 20,61% setelah dilakukan
pembelajaran menggunakan media gambar.
Berdasarkan simpulan tersebut maka peneliti memberikan saran, guru sebaiknya dapat
menciptakan kreasi dan inovasi baru dalam mengajarkan kemahiran menulis agar siswa
dapat meningkatkan kemahiran menulis yang ia miliki, pihak sekolah sebaiknya
menggunakan media penunjang yang dapat memperlancar proses belajar mengajar, dan
untuk dunia pendidikan, media gambar dapat digunakan untuk membangkitkan motivasi
dan minat siswa dalam kegiatan belajar.
Daftar Pustaka
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian; Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT.
Rineka Cipta
__________. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara
Aqib. Zainal. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : CV. Yrama Widya
Chaer, Abdul. 2006. Tata Bahasa Praktis Bahasa Indonesia. Jakarta : PT. Rineka Cipta
___________. 2007. Kajian Bahasa; Struktur Internal, Pemakaian dan Pemelajaran.
Jakarta : Rineka Cipta.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta :
Balai Pustaka
Dhieni, Nurbiana. 2009. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta : Universitas Terbuka
Keraf, Gorys. 2010. Argumentasi dan Narasi. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.
Malik, Abdul dan Isnaini Leo Shanty. 2003. Kemahiran Menulis. Riau : UNRI Press
Mulyasa. 2010. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Bumi
Aksara.
Mulyati, Yeti. 2012. Bahasa Indonesia. Tangerang Selatan : Universitas Terbuka.
Prihastuti, Erlin Noviyanti. 2011. “Keefektifan Penggunaan Media Wall Chart (Bagan
Dinding) dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Argumentasi Siswa
Kelas X SMA Negeri 1 Seyegan Sleman”, Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.
Purwanto, Ngalim. 2010. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung : PT.
Rosdakarya.
Sadiman, Arief S. 2006. Media Pendidikan : Pengertian Pengembangan dan
Pemanfaatannya. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada
Semi, Atar. 2007. Dasar – Dasar Keterampilan Menulis. Bandung : Angkasa
Sugiyono, 2009. Metode Penelitian Kuantitafif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta
Suryabrata, Sumadi. 2010. Metodologi Penelitian. Jakarta : Rajawali Press
Suryana, Ina. 2011. “Kemampuan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas VII Sekolah
Menengah Pertama Negeri 8 Tanjungpinang Tahun Pelajaran 2011/2012, Skripsi.
UMRAH
Wardhana, Wisnu Arya. 2007. Menyingkap Rahasia Jadi Penulis. Yogyakarta: Pustaka
Pelajar
Zainurni. 2012. “Efektifitas Media Cerita Bergambar dalam Meningkatkan Keterampilan
Menulis Narasi Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 11
Tanjungpinang Tahun Pelajaran 2011/2012”, Skripsi. UMRAH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar